Toto

Dan Thunder Select…Bennedict Mathurin

Salah satu mahasiswa baru favorit saya untuk menonton bola basket perguruan tinggi pada 2020-21, Ben Mathurin memutuskan untuk kembali ke Arizona setelah musim pertama yang luar biasa itu untuk meningkatkan stok draftnya. Dia memimpin Kanada meraih medali perunggu di FIBA ​​U19 2021 dan mempertaruhkannya menjadi hampir mengunci untuk Lotere Draft NBA 2022. Arizona adalah salah satu tim yang lebih baik di negara ini tahun lalu; Mathurin mengalami peningkatan dalam penggunaan saat ia hampir menggandakan upaya tembakannya sebagai mahasiswa tahun kedua, menjadi komoditas yang dikenal di mata penggemar bola basket perguruan tinggi di mana-mana dan akhirnya memenangkan penghargaan Pemain Terbaik PAC12 Tahun Ini.

Mathurin diproyeksikan akan direkrut di jalan tengah dari dua pilihan draft lotere Thunder, pemain peringkat ke-8 per papan konsensus RookieScale di antara pilihan Oklahoma City (ke-2 dan ke-12). Dia bisa meluncur atau OKC bisa mengatur perdagangan kecil untuk mengamankan Mathurin. Jika itu terjadi, dia akan sangat cocok dengan struktur OKC saat ini sebagai sebuah tim.

Saya penggemar berat permainan Mathurin dan akan sangat senang jika Thunder pergi bersamanya pada draft night jam 12 secara keseluruhan. Gerakan off-ball penjaga, fleksibilitas menembak, dan keterampilan memotong elit akan melengkapi dua pencipta utama dalam tim (Shai Gilgeous-Alexander dan Josh Giddey), dan tidak ada salahnya untuk menambahkan Kanada lain ke daftar OKC utara-ramah.

Ancaman Dari Bola
Satu hal yang sangat menonjol tentang Mathurin saat menyerang adalah kemampuannya untuk bergerak tanpa bola basket. Dua penangan bola utama Thunder akan cocok dengan Mathurin, membuatnya Pengeluaran SDY dari berbagai tindakan di luar bola seperti pindown, set floppy, dan layar elevator. OKC sangat kekurangan tembakan off-ball dan (terutama) gerakan, jadi Mathurin akan cocok dengan tim seperti sarung tangan. Dia mendapat peringkat di persentil ke-69 dari layar dan berada di persentil ke-77 dari permainan tangkap-dan-tembak yang dijaga per Synergy, mengumpulkan berbagai upaya tiga angka sepanjang tahun. Tanda karirnya sebesar 38,3% dari dalam sangat menjanjikan, dan dia memiliki sejarah dan indikator persentase lemparan bebas untuk mendukungnya.

Mathurin berada di peringkat persentil ke-86 pada Data HK pemotongan musim lalu, menurut Synergy. Dia memiliki insting yang luar biasa ketika melesat ke keranjang, baik melalui baseline atau cut 45, dan menunjukkan chemistry yang hebat dengan rekan setimnya Dalen Terry dalam permainan seperti ini. Sangat mudah untuk membayangkan Giddey memukul Mathurin sepanjang musim, menjadi duo yang dinamis baik di halfcourt maupun di lantai terbuka.

Thunder tidak memiliki ancaman penembak gerakan off-ball sejak Paul George, dan Mathurin dapat memberikan tingkat gravitasi yang berharga untuk pelanggaran tingkat tinggi di NBA. Dia seharusnya tidak membutuhkan bola di tangannya terus-menerus untuk menjadi pemain ofensif yang efektif dan efisien di level berikutnya; di sisi lain, tim yang sedikit lebih tinggi dari #12 yang tidak memiliki dua penangan bola seperti Thunder mungkin memaksanya menjadi peran pencipta bola, yang bisa menjadi buruk. Saya berharap profil tembakannya di Thunder menjadi jauh lebih stabil, mengambil tiga C&S itu, menembak dari gerakan dan keluar dari layar, dan menyelesaikan sebagai pemotong dalam transisi dan setengah lapangan. Saya mengharapkan musim ofensif yang cukup efisien baginya sebagai rookie dalam peran yang sehat, karena ia dapat terus mengatasi beberapa kelemahan dalam permainannya sambil berkembang terutama sebagai ancaman di luar bola.

Keserbagunaan: Mencetak Gol dan Menembak
Di Arizona, Mathurin dipaksa memainkan peran sebagai kreator di sekelilingnya, mirip dengan James Bouknight di UConn tahun lalu. Meskipun dia memainkan peran ini dengan mengagumkan di perguruan tinggi, saya tidak melihat Mathurin sebagai pencipta bola di NBA. Perpaduan fantastis dari gerakan menembak dan menebas akan menjadi cara yang jauh lebih baik untuk memaksimalkan bakatnya di ujung ofensif lantai. Adapun sifat-sifatnya pada bola, dia bukan yang tercepat dalam membuat keputusan dengan bola di tangannya secara konsisten dan pegangannya biasa-biasa saja, karena cukup longgar dan dia berjuang untuk secara konsisten menciptakan ruang dengan itu (dia peringkat di Persentil ke-9 dalam isolasi tahun lalu, meskipun pada sampel kecil). Tetapi hal baiknya adalah Anda tidak perlu membuat draft kreator seperti ini di 12 secara keseluruhan dengan tim yang sudah memiliki dua yang cakap. Mathurin telah menembak dengan baik dari jarak jauh dalam dua musim di Arizona, menyelesaikan karirnya di 38,3 persen pada 316 upaya dalam dua musim, untuk pergi bersama dengan 78,9 persen dari garis. Ini merupakan tambahan untuk ukuran sampel yang kecil di FIBA ​​U19 2021 di mana ia menembak 34,5 persen dari dalam dan 80,3 persen dari garis.

Tidak ada alasan nyata untuk meragukan Mathurin sebagai penembak di level selanjutnya. Angka C&S terbukanya, anehnya, cukup buruk musim lalu (persentil ke-17) tapi saya yakin itu hanya gangguan statistik. Persentase keseluruhannya luar biasa, dan dia memamerkan berbagai tembakan di gudang senjatanya untuk membuatnya lebih dari seorang pria spot-up stasioner dari dalam. Bentuk tembakannya indah dan dia melepaskannya dengan cepat dengan titik pelepasan yang tinggi, menembak di atas prianya. Ketika pemain bertahan berusaha keras untuk menahan tembakannya, Mathurin telah menunjukkan kemampuan untuk menyerang closeouts secara efektif ketika berada di garis lurus dan menyelesaikan di tepi atau menggambar pelanggaran (tingkat lemparan bebas 38,2% untuk karirnya). Dari 25+ kaki di musim lalu, Mathurin melesat 39,6% (38/96) dari tiga, 6,9 poin persentase di atas rata-rata perguruan tinggi per CBB Analytics. Tembakan melompat ini benar-benar nyata; Mathurin akan menjadi pengatur jarak lantai yang bagus untuk tim seperti Thunder yang tidak memilikinya.

Mathurin adalah finisher yang bagus musim lalu, menembak 63,8% di tepi pada 174 upaya, dengan 57,7% persen dari upayanya dibantu, menurut Bart Torvik . Atletik vertikal Mathurin adalah elit, karena ia dapat dengan mudah meningkatkan pertahanan untuk menyelesaikan lalu lintas, atau berlari dan melakukan dunk dalam transisi pada level yang tidak dapat dilakukan oleh siapa pun di daftar OKC saat ini. Sentuhannya, di sisi lain, sangat meh. Nomor rim solid namun tidak spektakuler, dan dia tidak tampil lebih baik pada dua tembakan poin lainnya, hanya mencapai 27,9% dari upaya itu. Menciptakan tembakannya sendiri, terutama di midrange, adalah masalah yang Anda lihat berulang kali di rekamannya, tetapi sekali lagi itu adalah sesuatu yang jarang harus dia lakukan di Oklahoma City.

Kekhawatiran Defensif
Di lini pertahanan, Mathurin meninggalkan banyak hal yang diinginkan musim lalu. Banyak dari penggunaan yang lebih tinggi ini, prospek muda berjuang dengan upaya yang konsisten di ujung lantai itu. Mathuring memiliki alat teoretis untuk menjadi bek yang baik tetapi terlalu sering tidak memberikan upaya yang baik dalam praktik. Dia masih berhasil menampilkan banyak kilatan di ujung lantai itu, menggunakan atletis dan panjangnya untuk membubung untuk blok sisi lemah atau transisi. Dan dia cukup mampu mengejar lawannya di luar bola dan bertarung melalui layar ketika dia terkunci. Tapi ketika tidak, dia agak malas melepaskan bola, kehilangan rotasi dan sedikit berusaha untuk bertarung melalui layar.

Tingkat mencuri 1,6% Mathurin dan tingkat blok 0,8% jauh di bawah apa yang ingin Anda lihat dari prospek, terutama yang dengan atletisnya. Dia tidak bisa dikatakan sebagai bek yang “mengerikan”, tapi dia paling netral sepanjang musim. Jika menembak dan menebas sebagus yang terlihat di perguruan tinggi, maka Anda harus bisa hidup dengan beberapa kesalahan defensif di sana-sini ketika memilih pemain di luar 10 besar.

Bermain-main
Seperti yang saya katakan sebelumnya, Mathurin sebagian besar dipaksa menjadi peran pencipta on-ball untuk Arizona, finis kedua di timnya dalam tingkat penggunaan dan pertama dalam menit dimainkan dengan tembakan panjang. Hasilnya tidak selalu bagus, karena ia cukup sering melewatkan bacaannya dan kadang-kadang mengalami gangguan dengan visi terowongan. Tapi kematian Mathurin tidak semuanya buruk. Untuk pemain dengan pola dasar (hyper-athletic three point shooters seperti JR Smith dan Malik Beasley), passingnya relatif solid. Tingkat bantuannya 13,4% tidak menonjol, tetapi ini merupakan indikator statistik yang bagus untuk menjadi pembuat keputusan yang baik bila dikombinasikan dengan tingkat perputarannya yang rendah. Sebuah permainan yang sering saya kliping dalam kompilasi di bawah ini adalah melawan USC, di mana saya pikir dia adalah yang terbaik sepanjang musim dari sudut pandang playmaking:

Dia berada di persentil ke-59 sebagai penangan bola PnR per Synergy, dan meskipun itu tidak akan menjadi permainannya di level berikutnya, mungkin dia bisa menjalankan aksi sekunder sesekali saat permainan terhenti. Mathurin masih cukup muda untuk kelas dua dan dia telah mendapatkan repetisi berharga sebagai pencipta yang dapat membantunya dalam jangka panjang. Pembacaannya dapat disederhanakan jika dia adalah ancaman dari tiga sehingga dia dapat dengan sukses menyerang closeout dan segera menciptakan keuntungan, meredupkan penembak terbuka atau bertindak sebagai salah satu pengumpan penghubung lainnya di tim Thunder saat ini.

Menguncinya?
Meskipun saya mungkin bukan penggemar berat perdagangan untuk memilih Mathurin, langkah seperti itu tidak akan membuat saya jijik mengingat fakta bahwa dia sangat cocok untuk Oklahoma City di lapangan. Thunder memiliki tempat terbuka di sayap yang menunggunya, dan keterampilan terbaiknya adalah pertandingan yang dibuat di surga untuk tim yang mencari pemain off-ball dengan kemampuan menembak gerakan dan atletis elit dalam transisi. Kelemahannya adalah hal-hal yang mungkin tidak terungkap di tim ini: umpannya mungkin tidak akan banyak dimanfaatkan, dan mudah-mudahan Mark Daigneault akan membuatnya membeli lebih banyak ke ujung pertahanan dengan peran penggunaan yang lebih rendah untuk membuatnya dimasukkan. panjangnya lebih baik untuk digunakan dengan lebih baik.

Mathurin saat ini duduk di tanah tak bertuan untuk Thunder sebagai pencapaian di #2 dan pukulan panjang untuk jatuh ke #12. Saya ragu GM Sam Presti akan memperdagangkan aset masa depan untuk naik dalam draft ini ketika semua tanda menunjukkan bahwa dia terpikat dengan draft 2023, tetapi kita tidak akan tahu pasti sampai itu terjadi. Masih terlalu dini untuk mengetahui di mana jangkauan draft Mathurin yang sebenarnya, tetapi ronde pertama kedua OKC sepertinya merupakan dasar mutlak. Jika dia tersedia dan Oklahoma City berpikir dia layak untuk dipilih, maka saya berharap Mathurin untuk melengkapi pemain OKC saat ini dengan sangat baik.